Macam-Macam Manfaat Madu untuk Kesehatan, Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa


KartuVIPQQ -  ​Madu adalah salah satu bahan yang digunakan untuk pengobatan tradisional sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan kini banyak digunakan untuk pengobatan modern, karena manfaat madu sangat luar biasa. Apalagi jika dikonsumsi rutin selama bulan Ramadhan, membuat kesehatan semakin terjaga.

Penggunaan madu sendiri sangat mudah, bisa diminum langsung dengan takaran tertentu. Atau bisa ditambahkan ke dalam minuman yang kita sukai, mulai dari kopi, teh, hingga sop buah untuk menggantikan pemanis yang biasa kita gunakan.
Selain bisa menjaga tubuh fit, terutama selama puasa, manfaat madu juga sangat banyak untuk kesehatan.

1. Pemanis yang Sehat

Madu mengandung 69 persen pemanis alami, berupa glukosa dan fruktosa. Tidak heran jika banyak minuman saat ini yang menambahkan madu ke dalamnya, bahkan makanan pun banyak yang menggunakannya. Dan madu bisa menggantikan gula, agar pemanis Anda jauh lebih sehat.

2. Menurunkan Berat Badan

Siapa bilang minuman manis bisa menambah berat badan. Justru sebaliknya, jika satu hingga dua sendok makan madu diseduh dengan segelas air putih, justru bis membantu mencerna lemak lebih baik. Demikian pula jika ditambah dengan lemon dan kayu manis, akan jauh lebih efektif.

3. Mengobati Batuk

Pada 2012 sebuah penelitian dilakukan pada 300 anak usia 1 hingga 5 tahun, untuk mengetahui efek madu terhadap batuk di malam hari dan kualitas tidur. Hasil yang diterbitkan dalam Jurnal Pediatrik menunjukkan bahwa, madu bisa menjadi obat yang lebih baik untuk batuk dan sulit tidur akibat infeksi saluran pernapasan pada anak-anak.

4. Menambah Energi

Madu mengandung sekitar 64 kalori per sendok makan. Karena itu, digunakan oleh banyak orang sebagai sumber energi. Karbohidrat di dalamnya juga dapat dengan mudah diubah menjadi glukosa, karena sangat sederhana bagi tubuh untuk dicerna.

5. Meningkatkan Kinerja

Penelitian menunjukkan madu sangat efektif dalam meningkatkan kinerja atlet. Ini adalah cara yang bagus untuk mempertahankan kadar gula darah, memulihkan otot, dan mengembalikan glikogen setelah berolahraga, serta mengatur jumlah insulin dalam tubuh.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Madu mengandung polifenol yang secara signifikan dapat meningkatkan fungsi otak yang berhubungan dengan daya ingat. Penelitian tentang madu Tualang, madu dari banyak sumber bunga yang ditemukan di Malaysia, menemukan bahwa rutin mengonsumsinya meningkatkan morfologi otak.

7. Kaya Vitamin dan Mineral

Cairan kuning keemasan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral. Jenis vitamin dan mineral dan jumlahnya tergantung pada jenis bunga yang nektarnya dihisap lebah. Umumnya, madu mengandung vitamin C, kalsium, dan zat besi.

8. Antiseptik Alami

Siapa sangka jika madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga sering digunakan sebagai antiseptik alami dalam obat-obatan tradisional. Tes in-vitro pada madu tingkat medis yang berbeda menunjukkan aktivitas bakterisida yang kuat, bahkan di hadapan bakteri resisten antibiotik yang menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa pada manusia.

9. Sebagai Antioksidan

Madu mengandung nutraceuticals, yang sangat efektif untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Jika rutin dikonsumsi, kekebalan tubuh kita akan meningkat terhadap banyak kondisi kesehatan kronis.

10. Antikanker

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Element-Based Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa, ada semakin banyak bukti potensi madu sebagai antikanker. Ini disebabkan oleh sifat antiproliferatif, apoptosis, antimutagenik dan anti-inflamasi. Namun, sumber bunga juga menentukan sifatnya.

11. Perawatan Kulit dan Rambut

Susu dan madu sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit, agar lebih halus dan indah. Madu mentah secara nyata meningkatkan dermatitis seboroik, kerontokan rambut yang terkait dan mencegah kekambuhan saat diterapkan setiap minggu.

12. Mempercepat Penyembuhan Luka

Madu memiliki sifat antimikroba, sehingga membantu dalam menghilangkan luka, mempercepat proses penyembuhan dengan merangsang jaringan luka. Dan menghilangkan luka lembab yang sulit disembuhkan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment



Entri yang Diunggulkan

4 Titik sensitif wanita yang tersembunyi